My First Blood Donor ^^

Sesuai judulnya, postingan berisi pengalaman pertama saya jadi pendonor darah *yaoloh , baru pertama kali aja sombong bener :D*

Donor darah

Di company tempat saya bekerja ini, selain kerjaan saya di R&D, saya juga ikutan gabung Tim Sosial, kerjaannya ngurusin event2 sosial company dan juga karyawan, salah satunya Donor Darah.Yang diadakan rutin setahun 3x.
Jadi panitia donor darah udah berapa kali ya? ehm…banyak…lebih dari 5x
Trus udah pernah ikutan donor? Not even once :shy:
Dulu banget sih pernah mo nyoba, tapi gagal. Pernah dua kali gagal, yang pertama karena berat badan ga nyampe 45 kg *itu dulu ya, bajuku dulu tak begini, tapi kini tak cukup lagi #sing*, yang kedua karena kadar kekentalan darah (HB) nya ga nyampe. Setelah 2x gagal itu, saya mengurungkan niat buat nyoba lagi, sebenarnya sih takut juga sama jarum…gedelah itu jarumnya…untuk urusan beginian, memang saya cemen banget, apalagi kalo liat darahnya ngalir2 gitu lewat selang…kalo cara donornya langsung digigit Edward Cullen keknya mau dehhh #ngarepppp :p
Kenapa kali ini ikutan donor darah? Tebak dunk…
Karena jiwa sosial?Nope #nyengir
Karena peduli degan keselamatan jiwa orang lain? Nope #EvilSmirk
Karena banyak yang membutuhkan darah? Nope #MakinNyengirSetan
Ayolah…jangan kasih jawaban yang terlalu sosial gitu…saya kan juga manusia biasa, ada sih jiwa sosialnya…tapi jiwa sosial saya ga mampu mengalahkan rasa takut jarum saya hehehehe…

Buat gaya-gayaan? Nope, saya ga suka show off banyak2…klo dikit sih gpp :p
Males di ceng2in? Hehehhee…akhirnya bener juga jawabannya πŸ™‚ …Yups, ternyata males di ceng2in lebih mampu ngalahin takut jarum dibandingkan jiwa sosial hahahaha….
“Yah, masa kamu doang yang ga donor?”
“Iya neh, jadi panitia biar ga ikutan donor darah”
“Ah…Ester sih mana berani donor”
Aslinya itu becandaan semua, tapi kalo namanya pride udah di toel2…walopun dikit, rasanya seperti ga rela haahaha….
Padahal takut, tapi tetep menuju ruang pemeriksaan *sambil dalam hati ngarep…semoga ga lolos..semoga ga lolos*
Pemeriksaan 1 di cek tekanan darah….Normal
Pemeriksaan 2, cek kadar HB . Disini nih biasanya orang banyak ga lolos *Dalam hati komat-kamit jangan lolos..jangan lolos…#GaNiat* ,
Pemeriksa : 13.5 , pas
Me : Loh, lolos pak?
Pemeriksa : iya…
Me : Yahh *muka lemes*
Pemeriksa : Emang ngarepnya ga lolos?
Me : Hehehe…*muka pucet*

Pas udah disuruh tiduran, udah parno bangetlah…dari yang mikir tar darah susah keluar, nanti pingsan, sakit ditusuk jarum, ngeri liat darah ngalir2 lwat selang..and so on
Udah deg-degan banget, parno tingkat dewa…dan jeng..jeng…saya udah tidur2 lucu di bednya pendonor….tarik napas keluarkan…tarik napas keluarkan… *Kemaren itu emg rasanya lebay gini*
mbaknya udah cari2 pembuluh darah tangan kanan,dan cus….jarum udah masukk…Loh…udah tohhh
Rasanya ga selebay pikiran saya…dipasang selang dan darah2 ngalir juga ga sakit…tapi emg msh ga berani liat selangnya,
But seriously it was not creepy as I thought before, cuma rasa ditusuk jarum pas diawal agak sakit, sisanya ga sakit.
Dan bayangan bakal pingsan , karena darah diambil segalon itu juga ga kejadiann….
Benerlah kata orang, kalo cuma 1% kekhawatiran yang kejadian.
And good newsnya saya bisa melawan monster takut donor darah yang ada di kepala saya walopun alasan awalnya cuma karena males di ceng2in *shy*, dan keknya tar kalo ada donor darah lagi, saya mo ikut lagi *jadi ketagihan*

So buat para reader yang takut donor, trust me…itu cuma ada di kepala kita aja…ga akan seserem itu kok…coba deh.
Buat yang mo donor, jangan lupa perhatikan hal-hal berikut ini
– Keadaan Sehat lahit batin, jiwa raga πŸ˜€
– Tidur cukup (6-8 jam)
– Tidak mengkonsumsi obat dalam jangka waktu 3 hari sebelum hari H
– Tidak sedang haid, hamil, menyusui bagi wanita

Selamat Mendonor

Advertisements

Unpredictable Opportunity

Perasaan semalem ga ada tanda2, ato mimpi sesuatu kejatuhan bulan.

Yah…just like another day before,ordinary day, tanpa firasat apa pun.

Jam setengah 11 pagi, tiba2 muncul announce, semua tim Software diminta ngumpul di belakang, perintah dari big bos.

Feelingnya seh, palingan juga ada yg kena semprot,ato ada aturan2 baru yg mau di sosialisasikan.

But, kok pas big boss lewat, udah bawa2 map…

Jadi inget, tentang yang pada mau promosi…

Kalo aku seh, ga berharap, soalnya yg lebih senior dari aku kan banyak juga yang belom promosi, jadi no expectation, budayakan antri :).

Big bos ngomong2 bentar, tentang promosi , intinya “Peluang buat dapeti promosi selalu terbuka, buat yang belom berkesempatan promosi sekarang ini, kesempatan masih ada taon depan” *keknya ngomong gitu deh, wong ga terlalu kedengaran :D*

Nah tiba2 buka map, “Ester…”

Loh, kok namaku yg dipanggil? udah kek orang bego….belom ngeh apa yang sedang terjadi, maju aja deh, cuman jadi salting di depan, ga tahu mo ngapain πŸ˜€
nerima mapnya,trus nyalam big bos.
ga tahu harus ngomong apa,karena masih shock juga, bener2 upnredictable soalnya “Thanx buat mr.Cho dan juga buat semuanya buat kesempatannya, walopun sebenarnya keknya harusnya aku belom promosi πŸ˜€ , berharap bisa bekerja lebih baik lagi :P”

Ada cukup banyak juga dari Software yang promosi….

Congratz juga ya buat rekan-rekan yang pada promosi hari ini πŸ™‚ *kapan neh mau traktir2 berbagi kebahagian sama yang laen?*

Thank God for unpredictable opportunity, thanx juga buat para bos2 yg udah ngasih kesempatan, juga temen2 semuanya πŸ™‚

Program Membolakan Badan :D

Akhir-ini kalo ketemu temen, entah yang sering ketemu atau jarang ketemu pasti banyakan pada bilang:
“Ester kurusan ya?”
“Kok jadi tambah flat ,Ter?”
“Kayaknya dulu baju yangΒ  ini pas deh”
“Diet ya Ter?”


Aih…awalnya seh ga nyadar dan ga terlalu peduli juga…
Dan selalu ngejawab “Masa seh? Ga ah…biasa aja”
Baru mulai nyadar tuh , pas make baju seragam kantor, yang dulunya itu pas dibadan, kok sekarang kerasa kegedean yah?
Hem…sepertinya harus mulai aware sama diri sendiri…
Akhirnya numpang nimbang di apotek, dan benar turun 2 kg >,<
*argh….buat naikin 1 kg aja butuh perjuangan keras, eh malah sekarang turun 2 kg….gmn cara naikinnya lagi ini coba?*

Sepertinya harus bener2 aware neh dengan tinggi badan 163, dan berat badan sekarang 44, bisa di bayangkan what it is looks like >,<

Okay, saatnya melakukan program menaikkan berat badan…
Target sebulan ini, naikin berat badan 2 kg dulu *at least balik ke posisi semula*


Akhirnya googling dan dapet info dari kaskus

Hal-hal yang menyebabkan berat badan turun, ada beberapa , dan itu perlu dihindari:
1. Stres
Stres adalah hal paling utama yang bikin berat badan turun. Selain itu, stres juga diyakini dunia kedokteran sebagai penyebab berbagai macam penyakit. So, kalo pengen gemuk dan sehat, jauhin stres.
Iya neh, akhir2 ini ada bnayak hal yg perlu di stressin *padahal di stresin juga ga selesai2 :p*
2. Kecapean
Kecapean juga bisa bikin berat badan agan susah naik. Makan sebanyak apapun gak bakal ngaruh kalo tubuh kita diforsir terus tanpa istirahat yang cukup gan. Jadi mulai sekarang, perhatiin bahasa tubuh sendiri. Jangan maksain tubuh agan diluar batas kemampuan.
Akhir2 ini emg kerjaan lagi high, kuliah juga lagi padat2nya soalnya mau mid semester, dan tanggung jawab di suatu event yang cukup melelahkan baik badan maupun pikiran. Ditambah lagi, sekarang lagi musim flu..jadi deh udah hampir 2 minggu ini kena flu,hidung meler, demam, batuk2…

3. Minum Soda
Soda bikin perut cepat berasa penuh Kalo perut udah kerasa kepenuhan, otomatis kita jadi gak laper lagi kan gan? Jadi sebaiknya jangan minum minuman yang mengandung soda, apalagi sebelum makan.

Ga pernah loh, minum2an bersoda sebelom makan…sekarang juga udah menghindari minuman bersoda *klo ga kepepet*

4. Selesai Makan Langsung Minum
Abis makan sebaiknya jangan langsung minum air gan. Tunggu beberapa saat [misal 25 menit] baru minum air. Kenapa? Karna trik ini bikin agan bisa makan banyak dan perut tetep langsing. *seriusan ini, apa ga keselek yah? don’t try this at home , klo belom terbiasa, tar yang ada keselek*

Then, cara menggemukkan badan neh..
1. Tambah Porsi Makan
Tambah porsi makannya pelan2 *jangan langsung se abreg, soalnya perut agan butuh penyesuaian*. Resep ini terbukti paling ampuh buat nambah berat badan. Tapi tentu aja agan harus mempertimbangkan kemampuan pencernaan kita sendiri, jangan sampe diluar batas pencernaan yah.
2. Makan 6x sehari
Coba agan makan minimal 5x sehari. Pagi jam 9, siang jam 11, trus jam 2. Sorenya makan lagi sekitar jam 5, trus malamnya jam 7. Kalo masih mampu dan masih melek, makan lagi sekitar jam 10. Kedengerannya emang serem en rada edan, tapi selama makanan kamu sehat dan porsinya sesuai, trik ini bisa bikin timbangan naik drastis.*HUahhh…banyak amat makannya ini makan apa kesetanan yah?, cuma membayangkan makan 6x sehari aja, aku udah ilfil sama makanan >,<*
3. Istirahat Cukup
Percuma makannya banyak kalo tubuh agan gak dapat istirahat yang cukup. Jadi, atur pola tidur yang sehat, minimal 8 jam sehari. *Okay, harus menghilangkan kebiasaan nonton tv series ampe malem2…maap2 bang peter bishop, bang arthur sama aak merlin, perjumpaan kita cukup 1 episode akja tiap hari πŸ˜€ soalnya udah harus bobok jam 10 ^^*
4.Olahraga
Olahraga sangat penting buat proses pembentukan tubuh gan dan menjaga metabolisme. Jadi, kalo agan pengen gemuk, lakukan olahraga secara teratur.. Fokusin olahraga untuk pembentukan massa otot, seperti fitnes atau body language. Ini yang bikin tubuh agan lebih berisi dan berbentuk. *hadeuhh sexy dunk :p .Β  tapi….ini yang paling maless….ga hobby olahraga…mendingan gelebagan di kasur daripada keluar joging…ada pengganti olahraga ga seh -_-*
5. 4 Sehat 5 Sempurna
Selain ngatur porsi dan intensitas makanan, jenis makannya juga harus diperhatikan gan. Jangan sembarangan memilih makanan. Cari yang sesuai menu 4 Sehat 5 Sempurna. Apalagi dalam rangka gemukin badan, susu penting banget loh, kamu boleh minum susu 4x sehari, terutama susu murni.
6. Suplemen Tambahan
Gak ada salahnya gan tambahin konsumsi makan agan dengan suplemen makanan, peningkat nafsu makan ato vitamin2 lainnya yang bisa memelihara kesehatan tubuh agan2. *Bolehlah , minum vitamin C aja….*
7.Ngemil
Cara inilah yang banyak orang suka. Ngemil terbukti ampuh dan cepet naikin berat badan. So, kalo pada pengen gemukin badan dengan cepat, ayo biasain ngemil. Bawa cemilan kemana2, terutama coklat.*klo yang ini aku suka :)*
8. Madu dan Minyak ikan
Untuk nambah nafsu makan secara natural, agan bisa mengonsumsi madu ato minyak ikan. Selain berfungsi menjaga fitalitas tubuh, madu & minyak ikan juga nambah nafsu makan loh. *Dulu waktu kecil juga sering minum minyak ikan,tapi sekarang udah ga lagi…malesss*
9. Banyak Minum Air Putih
Minum air putih emang kedengerannya agak nggak nyambung. Tapi, jangan nganggap remeh dulu. Air putih itu sangat berperan buat menjaga kesehatan tubuh kita gan. Dengan minum air putih tubuh kita sehat dan bikin pencernaan lancar. Kalo pencernaan udah lancar otomatis program gemukin badan kita bisa cepat berhasil.

Ayo2..yang pada punya misi sama kayak aku, membolakan badan….
Mari2 kita coba trik2nya, cari temen biar semangat jalaninya πŸ˜€
Okay, liat sebulan lagi….berhasil ga cara ini ^^
Ganbatte


Gelandangan Baru >.<


Akhirnya mulai semalem udah resmi jadi homeless istilah laennya gelandangan >,<

Kenapa bisa gitu?
Yah begini sodara2 ceritanya…panjang ini ceritanya…jangan ngantuk ya πŸ˜€


Masuk S*msu*g itu tgl 28 Juli 2008 *inget banget tgl ini*, 2 hari pertama nginap tempat temen di Cibitung.

Nah sekitar tgl 30an itu baru pindah pavilion, di pavilion sekitar 3 bulanan…karena mahal , akhirnya berencana pindah. Dan karena ga mau rugi, pindahnya juga mepet2 deadline, klo ga salah tgl 29an.

Sekitar 4 bulan di kosan *eh kontrakan mksdnya* mulai ga betah, dan berencana pindah ke daerah Kedasih, pindah ke kedasih tuh karena yg tinggal disana temen2 kantorku juga. Dan karena prinsip ga mau rugi itu tetep di pegang, so tetep akhir bulan juga pindahnya.

Dulu yang ngurusin kosan yang ini tuh mbak yg jaga tokonya ibu *soalnya toko gabung sama kosan*. Ibu yg punya kosan itu baik, dan entah bagaimana ato mengapa, aku lupa ga minta kuitansi. Karena udah merasa saling percaya kali yah, jadi ya masuk2 aja, mau bayar ya bayar aja.Klo masalah bayar, kita juga ga ribet, asalkan perbulan bayar, mau tgl berapa juga ok2 aja. Jadi kadang bayar awal bulan, tengah bulan, akhir bulan, santai2 aja….
Semua berjalan baik sekitar 1,5 taonan.

Nah, karena si ibu ini lagi butuh duit cepet, jadinya kosan kami itu di jual ke bu kosan yg baru *entah siapa namanya…aku ga tahu juga*, kita sebut saja ibu Padang *soalnya dari Padang, bukan bermaksud rasis yah*

Kalo kebiasaan sama ibu kosan yg dulu, kita taruh aja uang kosan di atas tivi, trus sms,tar juga daiambil sama ibu.
Nah beda lagi sama ibu kosan yg baru ini, seneng banget dateng pagi2 *padahal kan sekosan kita doyan banget bangun siang….*, jadi bener2 males banget klo pagi2 diketukin….

Jadi bulan pertama ibu itu jadi ibu kosan kita,yah tanggal2 tengah bulan, dia datang pagi2, minta uang kosan. Nah karena kita belom pada ngambil,ya kita ga bayar pagi itu.
Besoknya, seperti biasa, datang lagi pagi2…jadi kita pada bayar

Dari temen kosan, denger2 juga, klo kosan ini mau di jual ke orang lain lagi, katanya mau dijadiin rumah…*it’s means kita bakal diusir :D*, so kita minta kejelasan dari ibu, tapi di sms ga pernah di balas, pas ditelpon, katanya belom bisa kasih kejelasan. Hadeuhhh..jadi nyebelin juga, nasib kita ga jelas, masa klo tar tiba2 laku terjual,kita langsung di depak begitu saja? Mana lagi, kosan seakrang jadi awut2an ga jelas, sejak kita kena banjir, dan si ibu ini ga ada tindakannya >,< So kita pada berniat pindah.

Jadilah pada nyari2 kosan, tapi belom nemu yg kosongnya 3 kamar. Eh tiba2 si ibunya sms temen kosan, intinya klo mau diperpanjang, yaudah tar jatuh temponya sebulan seperti biasanya. Tapi tanpa ngasih kejelasan dijual ga nya. Nah karena aku ngerasa udah ga betah dan pengen pindah, jadi aku ga bayar kosan lagi *karena mikirnya, jatuh temponya akhir bulan, dan kita udah dapet kosan, yagn bisa dimasukin pas akhir bulan nanti*. Tapi 2 yg lain pada bayar, soalnya emg mereka jatuh temponya tengah bulan. Nah , ini yang jadi masalah.

Tiba2 anaknya ibu pagi2 ngetok2 teriak2 “mbak…mbak…” , awalnya dicuekin, tapi terganggu juga sama suaranya yang udah kek kenek mikrolet heheheh….sebut saja anaknya ibu kosan itu mawar, eh jangan ding kebagusan….bunga telek2an aja kali yah? hihihihi…..ok kita singkatΒ  BTT Dengan, muka ga rela bangun sepagi ini, aku buka kosan:

me: apaan dek?
BTT: mbak uang kosan yg 1 lagi mana?
me: yg satu lagi kan jatuh temponya masih akhir bulan.

trus dia pulang..dan aku melanjutkan tidur….5 menit kemudian
BTT: mbak…mbak…..
hadeuhhhh….pagi2 gini masih aja teriak2…jadi pengen nyetok lakban.. Tapi akhirnya buka pintu depan juga…
me:ya….kenapa?
BTT: katanya semuanya jatuh temponya tengah bulan…
me: yaudah tanyain lagi aja sama ibu kosan sebelumnya…
akhirnya anaknya ini pulang………

baru juga mau tidurrrrr……tiba2 pintu udah di ketuk lagi…. beneran kepala udah berasapppppp….pengen teriak….JANGAN GANGGU PAGI-PAGI!!!! eh pas buka pintu depan ternyata emaknya yang dateng, kita sebut saja IKB *Ibu Kosan Baru*
IKB: sapa yang belom bayar?
me: saya bu
IKB: kenapa ga bayar?
me: karena saya mau pindah, dan habisnya kan akhir bulan, jadi ga perlu bayar lagi.
IKB: katanya semuanya jatuhnya temponya tengah bulan?
me: sapa yang bilang bu?
IKB: bu YTT *nama disamarkan,ini mksdnya ibu kosanku dulu*
me: coba tanyain lagi
IKB: trus mbak, ngapain kemaren bayarnya pas tengah bulan?
*udah mulai panas neh, ngeliat ibunya ngotot*
me: ya ibu dateng pagi2 buta gitu, male digangguin makanya saya bayar.

IKB: yah, ni ibu diam, trus pulang….

Jadi deh tidurnya ku lanjutkan…. trus aku sms ibu kosan lama, minta kejelasan. Tapi sayangnya ibu kosan lama cuma bilang “Mbak maaf klo masalah jatuh tempo ibu lupa, soalnya datanya ada di mbak yanti *itu yg ngurus kosan dan jaga toko, sekarang ga tahu dmn, trus toko kan juga abis kebanjiran, entah datanya dmn*, ibu tahunya yg penting perbulan bayar, maaf ya mbak ga bisa bantuin urusan sama ibu kosan baru, lagian juga ibu ga enak “ Yah, ibu cuma bilang gitu doang, tapi bisa dimaklumi klo ibu ga enak sama si IKB ini, kan ibu yang minta biar IKB ini beli rumah itu…. Yah, baiklah dihadapi sendiri aja…..

Beberapa hari ga ada kabar, kirain udah selesai…eh pagi2 di hari sabtu…. anaknya ibu ngetok2 lagi….“mbak…mbak….”
huh…hobby banget seh jadi tarzan pagi2…trus dia ngasih surat, dari IKB. Ringkasan isinya, Kosan ini sekarang punya saya, jadi klo masih mau perpanjang silakan bayar, kalau ga, silakan keluar….

Hadewwww….masih panjang ternyata buntutnya…tapi kok pake surat2an segala seh *sok romantis amat ni si ibu…:p* Sebenarnya pengen nyolot di telpon apa sms tapi akhirnya aku membatalkannya….males berurusan sama ibu itu. Tar salah kata bisa takutnya tar terlalu emosi dan maki2 orang, lagian aku juga ga punya kuitansi *argh…aku menyesal ga pernah minta kuitansi*, yah sudahlah…makanya aku beres2 aja….tapi barang2nya masih di kosanku. Dan untungnya ada yang masih mau menampungku >,< *hihihihi…lumayan hemat, kan sayang ngekos 2 minggu doang, sekalian beramak deh nemanin istri yg kesepian di tinggal suami bisnis trip 2 bulan heheheheheh….*

Makasih mbak titie…buat tumpangannya πŸ™‚

Pesan moral: mintalah kuitansi dan rajinlah membayar kosan :p *wakakak…pesan moral macam apa ini? :p*