Belajar Bareng Bahasa Korea (한글 *red-Hangeul*)

Sudah 2 tahunan kerja di perusahaan milik asing *red-korea*, tapi ga bisa juga bahasa Korea.
Padahal kita sering denger leader2 kita ngomong Korea *dengan sesama expatriat tentunya*
Jadi kalau lagi mendengarkan para expatriat itu lagi berbincang2, berasa nonton dorama aja…bedanya yg ini ga da subtitlenya, jadinya kita cuma bisa menebak2 doang.
And then, 1 bulan yg lalu dapet kesempatan buat training bahasa Korea di kantor *Horeeee…Gratisannnnnn!!! Udah gratis, diitung overtime lagi hehehhehe…walopun emang harus atur2 waktu sama jadwal kuliah…jadi abis les korea, langsung kabur buat kuliah*
Masuk kelas basic *pastinya*,seminggu masuk 2x.
Menurut jadwalnya, kita bakal les selama 1,5 bulan, tapi materinya buanyakkkk…jadi emang harus extra ngebut *Jadi inget, senin ini final exam Korean Course *belom belajar, materinya banyak >,<*
Ternyata belajar bahasa Kora itu pusingggg….hurufnya banyak, aturan penulisannya buanyakk….susah banget ngapalnya T.T
Klo goalku buat belajar Korea seh, at least ngertilah walopun dikit2 klo lagi nonton dorama Korea tanpa subtitle, ato sekedar disuruh baca tulisan Korea *just it ^^*

Entah darimana idenya, tiba2 manajer di divisiku memberi ultimatum, kami *Software Division* harus bisa bahasa Korea, at least bahasa2 yg sering di pake di proses development.
Dan entah ini namanya durian runtuh apa kelapa runtuh?Leaderku memberi mandat padaku buat ngurusin seminar tentang ini *khusus Developer Team*
OMG….aku aja baru kenal tulisan korea 1 bulan yang lalu itu pun masih banyak yang lupa2,vocab minim. Apa yg bisa diharapkan dari seorang yg baru belajar bahasa Korea, yang kelas basic aja belom lulus? hehehehhe…

Tapi yang namanya mandat dari bos, mau ga mau dikerjain juga kan? *masih pengen dapet kucuran dana tiap tanggal 21 euy :p *
OKE….dengan kemampuan seadanya, akhirnya bisa juga buat seminar *belajar bareng* bahasa korea.
Untungnya belajar barengnya 2 hari sekali, jadi bisa belajar2 dulu sambi siapin materi, quiz, dan exercise *jadi inget kuliah klo ngomongin quiz sama exercise*

Yups, pengen berbagi juga sama yang laen, materi2 yang buat belajar kemaren…mana tahu berguna.Download aja materi sama exercisenya buat yang pengen belajar *ini baru Seminar pertama, masiha da seminar2 yang laennya dan materi laennya yg lebih memusingkan :)*

Ini dia materi ma exercisenya:

Pengenalan Huruf Korea (Hangeul)

exercise (nulis korea)

 

Kosakata Sehari-hari:

1. 감사합니다    (baca: kam-sa-ham-ni-da)  artinya terima kasih

2. 안녕하세요    (baca: an-yeong-ha-se-yo)   artinya Selamat pagi/siang/sore

3. 사랑해요        (baca: sa-rang-hae-yo)           artinya  i love you

4. 보고 싶어요   (baca: bo-go-sip-eo-yo)            artinya  i miss you

 

Selamat Belajar ^^

 

 

Advertisements

50 Hari Mengejar Mimpi ^^

Dari beberapa hari lalu, mulai menyadari kalau tahun ini akan berakhir dalam hitungan hari.
Kalau dihitung dari hari ini(11 November 2010), tepatnya 50 Hari lagi,akan berganti menjadi tahun 2011
Hem…cepat sekali waktu ini berjalan…..
Baru berasa belum lama buat resolusi…udah mau buat resolusi lagi
Padahal yang kemaren aja belom kesampean hahaha….

Hem..Tinggal 50 hari lagi…
Udah mulai counting down neh, sambil mewujudkan apa yg harusnya di wujudkan….
Dalam 50 hari ini ada plan-plan yg mau dilakukan:
1. Trip to …..*sensor*
no 2 ampe 4 ini, resolusi yg bos minta buat di kumpulin kemaren
2. Travelling to ….*sensor juga*
3. Improve my english *asli..english ku ancur bangetttttttt*
4. Belajar masak makanan daerah ex: pisang ijo
5. Learning Korean Language *mumpung udah di kasih training gratis dari kantor, lumayan biar nonton dorama tanpa subtitle :p ,but membaca tulisan korea aja susahnya amit2 >,< *
6….
7….
dll *masih banyak lagi..*

Jadi inget….semester depan udah menginjak semester akhir kuliahku *asikkk…ST udah di depan mata :p*, dan harus berhadapan dengan TA…tapi masalahnya, ampe sekarang belom dapet judul juga….*nepok jidat* Somebody help me please, ada yg punya judul TA ttg AI *Artificial Intelligent* ga?*Haduuhh..belom siap ngadepin TA >,< , bisa ga ya dapet gelar ST tanpa TA? T.T*

Huhf…*narik napas panjang…..*
kalau di kasih judul, 50 hari kedepan itu judulnya apa yah? ehm… 50 Hari mengejar mimpi ^^
*good title 🙂 *
Ganbatte