Shock Culture Cikarang-Jakarta

Sudah lebih dari sebulan tinggal di ibu kota Indonesia tercinta ini,yang kata orang Jakarta lebih kejam dari ibu tiri😀
Tentu saja saya mengalami shock culture, dari yang dulunya tinggal di kota Cikarang di pinggiran sana , trus sekarang move ke kota Jakarta.

costa-rica-relocating-culture-shock

Shock paling besar itu ya masalah baju, bayangkan aja, dulu kalo bangun udah mepet, tinggal aja samber baju seragam digantungan, mo dipake seminggu juga ga akan ada yang tahu, ga ada yang protes hehehe…#jorok
Nah sekarang, pake baju bebas…saya sih ada banyak baju, tapi kaos oblong..jadi repot harus nyari2 baju yang “layak” buat ngantor.So, harus invest uang lebih untuk baju dan penampilan.maklum, kan udah jadi newbi agata *anak gaul jakarta* sekarang😀

Shock culture selanjutnya tentang transportasi, kalo dulu biasanya tinggal nunggu bus jemputan di ujung gang, tinggal duduk cantik di bus berAC, trus nyampe deh di kantor. Pulangnya biasanya naek ojek, apa nebeng mobil berAC, langsung nyampe depan kosan😀
Nah sekarang saya harus ikutan jadi monyet2 kopaja, jangan ngarep AC ya, bisa dapat duduk aja udah luar biasa.
Kopaja dan metromini disini itu buanyak banget nomornya, kadang2 lupa, mana aja yang bisa sampe kosan, pernah kejadian eh sering ding karena lama nunggu kopaja yang sering saya naikin, makanya dengan inisiatif tingkat tinggi, naek kopaja yang laen, biar cepet nyampe, dan walhasil saya nyampe pejaten village, yang artinya jauh bener dari kosan saya >,<
Dulu awal2 ngantor disini, biasanya pulangnya suka “keliling-keliling” jakarta karena salah naek kopaja, dan berakhir dengan pulang naek busway walopun muter-muter tapi pasti, atau naek ojek, ato kadang naek taksi kalo udah kemaleman ^^
Tapi thank God, sekarang jarang ngopaja klo pulang, udah ada yang sukarela ditebengin😡
Next culture shock adalah jam ngantor, kalo dulu masuk jam 7 sampe jam 4, jam 7.01 itu udah telat, nah sekarang..officialnya sih jam 9 sampe jam 6, tapi ada juga yang datang jm stgh 10, jam 11 and so on hehehhee…saya ngekor para tetua ajalah, daripada datang pagi belum ada orang *giliran jeleknya aja diikutin >:) *

Then tentang Komunitas, kalo sebelumnya, karena udah 5 tahun disana, jadi ada temen2 gereja, temen2 main kosan, dan ada juga temen2 kantor, temen kampus di PU.
Katanya bakal kesepian kalo pindah ke tempat baru, butuh adaptasi dan cari2 temen lagi, tapi puji Tuhan banget, ga ngerasa kesepian banget. Perasaan paling kesepian  itu pas nempatin kosan pertama kali, belum kenal siapa2, tapi syukurnya langsung disamperin temen ex perusahaan lama, kebetulan kosannya ga jauh dari kosan saya…batal deh perasaan kesepiannya *pelukpinkih* , setelah itu semuanya berjalan normal walopun ada rasa kurang biasa disana sini.
Dan bersyukur juga, saya punya temen yang sudah heboh ngajakin ikutan ini itu bahkan sebelum saya pindah ke Jakarta heheheh…..makasih Dhieta , udah ngajakin ikut persekutuan di gerejanya. Setiap Rabu itu Persekutuan Young and Profesional, kalo Jumat itu ada Cool *semacam komsel gitu*. Jadi punya komunitas gereja, buat sharing2… buat mengingatkan, berbagi dan care satu sama laen. Buat saya komunitas itu memang sangat penting,,apalagi di kota besar ini.
Ada juga temen2 ex perusahaan lama, yang di jakarta, temen2 kuliah di telkom dulu juga banyak yang di Jakarta, trus masih sering maen sama temen2 gereja di Cikarang, ditambah temen-temen baru di perusahaan baru dan kosan baru.God provides me anything.

Palingan itu aja sih yang beneran bikin shock, selebihnya so so lah, masalah macet..jakarta emang rajanya, tapi cikarang juga kok, masalah asap cikarang sama aja kayak jakarta. Yang jelas, klo sekarang lebih deket kemana-mana.

Kalo dulu ditanya orang,

kerjanya dimana? jakarta , Jakartanya mana? Bekasi, Bekasinya mana? Cikarang.

Sekarang….

Kerja dimana? jakarta selatan heheheh….ga usah muter2😀

Pasti ada kurang dan lebihnyalah ya pindah ke Jakarta, but so far I enjoyed it…belajar hal baru, kenal orang-orang baru, dan make deal sama keadaan2 baru.
Segala hal, kalo kita syukuri bakal jadi berkat buat penerimanya dan thank God for anything🙂

If God brings you to it, HE will bring you through it

2 thoughts on “Shock Culture Cikarang-Jakarta

    • ahahhahha….baiklahh, tar klo ada yg nanya kerja dimana, aku aja yang jawab hehehehe…udah pede sekarang😀

      quote nya diresapi pake hati ni keknya😛
      anyway lagi, blog mu udah berjaring laba2 tuh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s