24 hours to escaped #BanjarmasinTrip

Ini adalah trip yang bener2 unplan…karena kebetulan pas lagi busy2nya.Lagian juga cuma bentar banget berangkat sabtu siang, pulang minggu sore, jadi mikirnya let it flow aja.
Yeahhh…Banjarmasin waiting for us…
Anyway, Banjarmasin itu kalimantan apa seh? ehm…*cepet2 buka google* *tring..tring…muncul lampu nyala kayak di kartun2* ternyata di kalimantan Selatan. Di Banjarmasin ada apa? *hening…krik..krik..krik..*@#$$%^&&
Ga ada gambarang sama sekali tentang Banjarmasin, kemaren beli tiketnya juga ngawur, kalap gara2 promo citilink 158rb PP. Mikirnya , beli dulu…urusan disana ngapain itu belakangan hahaha…

Akhirnya teman saya yang lagi ga ada kerjaan dan lagi mulai hampir akan nyaris terstruktur dan rajin itu, membuat itin wanna be ato lebih cocok diberi nama oret2an😀..yah mayanlahh, sedikit ada niat, daripada saya yang modal badan doang.Okay, berbekal oret-oretan dan peta banjar, kita berangkat kesana.

Berangkat dari jakarta jam 12.40 WIB, nyampe 15.30 WITA di Bandara Syamsudin Noor.

Bandara Syamsudin Noor

Bandara Syamsudin Noor

Bandaranya kecil, musim lebaran gini banyak yang jemput keluarga yang abis umroh, jadi penuh banget bandara, dan parkirannya awut2an *geleng2*
Keluar dari bandara, klo mau naek taksi mending langsung ke loketnya kojatas (koperasi jasa angkutan taksi sedan) tinggal bilang mau kemana, trus langsung dikasih harga. Kami mau ke Masjid Sabila Muktadin, bayarnya 85000 *langsung ke sopir taksinya*.
Sekitar 45 menitan dari bandara ke Masjid Sabila Muktadin.


Kesan tentang Banjarmasin, walopun ibu kota propinsi, tapi ga terlalu rame, yah jangan bandingin jakarta, bandung, keknya dibandingin solo, masih ramean Solo.

Sebrang mesjid, sampingnya sungai martapura, biasanya buat hangout

Sebrang mesjid, sampingnya sungai martapura, biasanya buat hangout


Masjid ini bisa dibilang area pusat kota. Sebrangnya masjid itu aliran sungai Martapura, klo malam minggu rame orang pada hang out.Ga jauh dari situ juga ada Pasar Wadai.

Pasar Wadai

pasar wadai

pasar wadai

Cemilan warna-warni menggoda mata dan lidah :D

Cemilan warna-warni menggoda mata dan lidah😀

Jualan seafood

Jualan seafood

Jajanan

Jajanan


Cuma ada pas bulan puasa aja, jualan macem-macam, dari cemilan-cemilan yang menggoda, sampe makanan berat dan seafood…buanyak banget makanan…walhasil pulang dari sana tangan kanan kiri penuh tentengan *maklum laper mata, efek puasa #kekpuasaaja*
Ramenya cuma dari jam 4-6 aja

Soto Banjar

soto banjar

soto banjar


Klo based on postingan orang, ada soto banjar enak di jalan MT Haryono, jadilah kita menelusuri jalan MT Haryono, jalan itu panjang loh..sepi lagi. Mana di postingannya ga disebutin lagi, itu MT Haryono no berapa? ato deket apa? yasudahlah gambling aja..jalan terus…akhirnya nemu warung di non permanen di tepi jalan namanya warung “sahabat keluarga” *keknya ini the one and only warung*, mayan pengunjungnya.

Warung Sahabat Keluarga

Warung Sahabat Keluarga

Tanpa pikir panjang, masuk aja, udah laper banget….Pesen Soto Banjar. Soto banjar itu lontong diiris + telur rebus diiris2 tipis + bihun + ayam suwir2 + kuah kaldu….yummy rasanyaaa…enakk…mungkin beneran ini kali yang dimaksud yaahh….

Lontong Orari

lontong orari

menu lontong orari

Tempatnya ga gitu gede, tapi rame

Tempatnya ga gitu gede, tapi rame

Porsi lontong orari...jumbo loh

Porsi lontong orari…jumbo loh


Abis nyoto banjar, numpang nongkrong2 di depan masjid sabila dulu…klo liat di peta itu jauhhh…rencana mau naek ojek apa bajay apa becak, tapi sepanjang jalan itu susah banget nemu angkutan2 umum itu anyway, semua jenis angkutan umum itu disebutnya taksi…udah berasa orang kaya aja, kemana2 naek taksi😀
Jadi dari arah depan masjid sabila..jalan aja ke arah pasar wadai, sampe nemu jembatan, jembatan belok kanan lurusssssss terus, jauh ini….sampe tar ada perempatan yang disudutnya ada pemadan kebakaran, nah masuk ke jalan sebrangnya pemadam kebakaran *dipojoknya ada masjid* , gangnya kliatan sepi, tapi ternyata lontong orarinya itu nyempil disitu sekitar 10 meter dari jalan…rame loh

Nginap di hotel perdana
120rb perkamar *mayan bagi 2 :D*

Kamar Hotel Perdana *jadi berantakan gara2 udah betebaran barang2 kita*

Kamar Hotel Perdana *jadi berantakan gara2 udah betebaran barang2 kita*

Ada tipi sama kipas anginnya juga

Ada tipi sama kipas anginnya juga

Kamar mandi

Kamar mandi


Lokasinya itu agak nyempil, jadi klo dari depan mesjid sabila itu jalan ke arah berlawanan sama pasar wadai, lurus aja terus *pke nyebrang2*, sampe ketemu Bank Indonesia..masih lurus sampe ketemu pos Indonesia, nah di pojoknya ada D’Pos mall, nah itu belok kiri, disitulah hotel perdana.
Mayan dapet snack sore sama sarapan🙂

Pasar Apung

Susana pagi di aliran sungai martapura

Susana pagi di aliran sungai martapura*langitnya keren ya..anyway yg belakang itu pak imis*


Itu loh pasar yang penjual apa pembelinya diatas perahu, dulu jadi iklannya rcti ok.
Di Banjarmasin itu ada 2 pasar apung, yang satu itu di Lok Baitan martapura, satu lagi di kuin, tapi pas kemaren yang di Kuin itu lagi renovasi apa gitu…jadi kita ke Pasar Apung Lok Baitan.
Pasar apung itu adanya pagi2 sekitar jam stgh 7 sampe jam 9an, so subuh2 harus udah bangun dan check out, soalnya kesana itu butuh waktu 45 menit.
Buat kesana itu harus naek perahu, klo baca dari postingan2 yang ada biasnaya 200rb per perahu tapi ramean..nah karena ini berdua doang, bisa tekor klo segitu, akhirnya di dikasih tahu info perahu yg lebih murah 150rb satu perahu ga perlu nawar. Sebenarnya 1 perahu bisa tuh ber 4 apa ber 5.(contact Pak Imis 085248280261), bapaknya baik kok. Kita dijemput di depan kantor wali kota sebrangnya hotel Victoria, pagi2 itu celingukan liatin jalan kok belom2 datang orangnya, eh ternyata di jemputnya pake perahu…sebrangnya kantor wali kota kan sungai.
Perjalanan ke Pasar Apung itu masih gelap bener, duinginnnnn banget lagi…jangan lupa bawa jaket ya, melewatin rumah2 di pinggiran sungai martapura, ada juga daerah2 semacam hutan, creepy…
Sepagi itu ternyata udah banyak kapal2 yang lewat.

Sunrise at pasar apung

Sunrise at pasar apung

Para pedagang pasar apung

Para pedagang pasar apung mulai berdatangan


Nyampe di Pasar Apung Lok Baitan jam stgh 7an, masih dikit yang jualan, kebetulan kita juga bareng sama beberapa turis yang pada pegang kamera2 gede dan bagus…fotografe2 gitu deh, malu juga ngeluarin kamera pocket, kebanting sama mereka ^^
Makin siang makin banyak yang jualan, tawar2an di atas perahu, beli ini itu dari satu perahu ke perahu laen, kita seh cuma liat2 doang, pengen nawar mangga tapi mikir berat bawanya, jadilah kita cuma nonton sambil poto2. Mereka ngobrol pake bahasa daerah keknya…aku ga ngerti, tapi dari gerak geriknya tahulah klo itu lagi tawar menawar, ga setuju sama harga. Kerennya itu yahh…mereka gampang aja gerakin perahunya kesana kesini, padahal dempet2 gitu perahunya. Barang2 yang dijual rata2 hasil kebun semacam jeruk, pisang, mangga, sayur , beras dll….

Komoditas hasil bumi

Komoditas hasil bumi

pasar apung

pasar apung

Transaksi Pasar Apung

Transaksi Pasar Apung


Puas jeprat-jepret jam stgh 8..akhirnya kita meninggalkan Pasar apung, ke arah kota Banjarmasin.
Pas udah siangan gini semakin keliatan kehidupan masyarakat tepian sungai Martapura ini.
Sungai ini punya arti sangat penting buat mereka, karena dengan air sungai ini mereka mandi, nyuci baju, nyuci piring, sikat gigi, pipis, pup…semua deh.
jadi sepanjang jalan balik ke Banjar, bukan hal yang aneh liatin orang mandi di depan rumahnya. Rata2 merekamenjadikan rumah depan mereka yang menghadap ke sungai itu untuk keperlua2n itu.

rumah pinggir sungai martapura

rumah pinggir sungai martapura

Aktivitas di sungai Martapura

Aktivitas di sungai Martapura

Aktivitas rumah tangga di sungai Martapura

Aktivitas rumah tangga di sungai Martapura

Sebenarnya agak miris liatnya, semua aktivitas itu dilakukan menggunakan air sungai Martapura yang coklat dan kotor ini, tapi herannya mereka toh tetep sehat dari generasi ke generasi #Misteri

Pendulangan Intan

pendulangan: untuk misahin pasir dan materi yg mau diayak

pendulangan: untuk misahin pasir dan materi yg mau diayak

Area pendulangan

Area pendulangan


Dari perahu minta diturunin di tempat bisa nunggu angkot ke pal 6 *nama terminal*, klo ga salah itu turunnya di Malabar.
Naek angkot 660 *warna kuning* jurusan pal 6 bayar Rp 3000, perjalanan sekitar 15 menit
Di Pal 6 ada angkot warna orange tujuan martapura, turun aja di Bundaran simpang 4 , bayar Rp 10.000

Ini neh simpang empatnya

Ini neh simpang empatnya


Nyebrang jalan, naek angkot yang kayak pick up gitu , bilang aja  turun di desa pumpung cempaka bayar 4000 *harusnya 3000 aja*
Dari situ tinggal masuk ke gang desa gitu, ikutin aja jalannya, mayan jauh..ikutin sampe ga ada rumah2…tar liat sebelah kiri, jangan ketuker sama penambangan pasir.
Kebetulan pas kesitu ada bapak2 yang kerja disitu, jadi kita dipandu liat2 cara nambah..ternyata prosesnya puanjang banget, dari gali tanahnya, misahin material sama pasir, abis itu baru materialnya diayak…Berendam di air siang2 terik sambil ngayak, belom tentu juga dapet kepingan intan.Hampur 95% penduduk daerah situ penambang, entah penambang intan ato pasir.

Para pendulang

Para pendulang

Setelah diajak keliling disitu, si bapak tadi nawarin cincin batu akik gitu…sebenarnya lagi ga butuh seh, tapi ya anggap aja ucapan terima kasih karena udah nganterin kita keliling2, satu cincin akik Rp 30.000 , sebenarnya bisa ditawar, tapi karena emg tujuannya bukan itu , jadi ya ga perlu nawar, langsung aja bayar. Jadi sambil dulang intan , klo nemu2 bebatuan yang bisa diolah biasanya diambil trus diolah, bisa jadi penghasilan tambahan.

Bebatuan sebelum dan sesudah diolah

Bebatuan sebelum dan sesudah diolah

Keknya cuma kami berdua doang wisatawan yang kesitu

CBS(Cahaya Bumi Selamat)
Itu pasar, buat belanja kebutuhan sehari2 atopun oleh2.ada pernak-pernik, gelang, kalung, baju, tas dll

Jualan pernak-pernik dan baju

Jualan pernak-pernik dan baju

pernak-pernik gelang kalung

pernak-pernik gelang kalung

Jual kain dan corak khas kalimantan untuk baju ato sarung

Jual kain dan corak khas kalimantan untuk baju ato sarung


Untuk ke CBS ,klo dari Pendulangan intan itu, tinggal naek angkot pick up yang tadi, bilang aja martapura, tar turunnya di depan CBS langsung, bayar Rp 4000,-
Disana belanja2 oleh2..ga banyak seh, yah cukup buat kenanga2an pernah ke Banjarmasin

Dari CBS ke bandara itu tinggal naek angkot 707 warna ijo, sebenarnya trayeknya itu cuma lewat depan area bandara, dan untuk sampe ke bandaranya itu perlu jalan masuk jauh, tapi kita minta dianterin masuk ke dalam, jadinya perorang bayar Rp 15.000,- mayan lama juga sekitar setengah jam.

cu next banjar….

9 thoughts on “24 hours to escaped #BanjarmasinTrip

    • ahahhaha…iseng2an doang itu….
      tuh anak2 pada mau ke krakatau jumat-minggu (31 agt-2 sept) ikutan aja…*sayang, aku lagi ga bisa ikutan >,<*

  1. Wuehh.. uda sampe di banjar aj.. hehe.. tahun 2008 sempet jd tempat tongkronganku tuh ter.. hehe..
    Btw, murah bener ada tiket PP 150ribuan? Unbelievable..

    • ahahhahah……lah kok bisa sampe banjar wid?
      emg ngapain disana?
      iya 158rb PP…itu dulu pas promo….lagi beruntung aja waktu itu makanya bisa dapet segitu😀

      • dulu sempet setahun kerja di tanjung tabalong, kalsel.. trus setiap 2 bulan sekali off balik ke jawa.. jadinya sering2 deh jalan2 ke banjar.. hehe..
        promonya mantep bener.. hehe..😀

  2. ecieeee ganti rumahh.. jadi romantis diaaa designnya ihhiyyy ;”)

    Maaooo ih ke kalimantan ih…. pen jepret pasar apung yg dari atas😀 itu foto2 knp banyak yg ada di mba olip deh -_-”

    udah lamaaa ga kalap hunting tiket mureh ihh… #tobat :))

    • hihihihi….udah bosen sama rumah lama :p
      kemaren ga terlalu rame ly…jadi pasar apungnya ga nyampe di bawah jembatan
      ahahah…hari terakhir itu..kameraku udah mati total ahahahha…..jadi deh pke kamera mbak olip
      yuks..yuks…cari tiket buat tahun depan :p #mulaikalap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s