Selayang Pandang tentang Pontianak–Singkawang-Serukam


Pesawat mendarat di bandara Supandio , Pontianak, Kalimantan Barat, jam 8 pagi


Hem….bandaranya kecil, hanya dengan 2 line pengambilan bagasi, disana sudah banyak porter menunggu di line pengambilan bagasi, mereka sudah di booking untuk mengangkut barang-barang seseorang, biasanya kardus-kardus itu akan ditandai berbeda-beda sesuai pemiliknya, ada yang menandai dengan ikatan kain perca berwarna ungu, atau merah, atau biru. Dan para porter ini sepertinya sudah hapal , mereka harus mengangkut kardus dengan tanda apa. Akhirnya selesai juga nunggu barang di bagasi setelah ngantri cukup lama *huhfff……*.
Pontianak ga terlalu rame, paling ga kalo dibandingin sama Solo *hehehe..sombong :p*, masih ramean di Solo sepertinya.
Pas ngelewatin jalan-jalan di Pontianak, ada yang terasa janggal, waktu kita lewat itu cuacanya panas, matahari terik, tapi anehnya, dibeberapa tempat yang agak rendah,  menggenang air seperti habis hujan, halaman udah jadi kek kolam renang. Ternyata pada bulan seperti November dan Desember sungai Kapuas lagi pasang, itu yang membuat air menggenang dimana-mana. Hal seperti ini bukan lagi jadi hal aneh buat masyarakat di daerah sana, dan sudah menjadi tradisi, so mereka sudah mempersiapkan untuk antisipasinya, baik itu dengan membangun rumahnya model rumah panggung, atau dengan meninggikan lantai rumahnya.


Hal laen yang mencolok yaitu, masih banyak orang yang mandi di kali-kali kecil depan rumah mereka*sedikit parno kalo pas rumah mereka di pinggir jalan ^^*, airnya juga agak kecoklatan, karena memang disana tanahnya tanah gambut.


Dan disana panas, samalah seperti Jakarta. Oh ya, disana hanya ada satu mall gede, namanya Ayani Mega Mall.


OKE, then talk about Singkawang, sekitar 4-5 jam perjalanan dari Pontianak. Disana banyak klenteng, bisa dibilang kota seribu klenteng, karena memang banyak klenteng dari yang besar sampai yang kecil, ada sebuah tugu naga di perempatan jalan, yang dulu pernah menimbulkan konflik >,<


Kota Amoy dan China Town-nya Indonesia, karena mayoritas penduduknya (sekitar 70%) merupakan etnis Tionghoa


Then talk about Serukam, 1-1.5 jam perjalanan dari Singkawang. Untuk kesana harus melewati jalanan naik turun dengan belokan yang cukup tajam, dan gelap di malam hari, karena memang tidak ada lampu, tapi udah di aspal kok🙂 . Sepanjang perjalanan kesana rumahnya jarang-jarang, ada kebun karet dan kelapa di sepanjang sisi kanan dan kiri jalan. Yah, Serukam memang ada di daerah terpencil, jauh dari perkotaan, dan tidak mudah untuk menuju kesana, alat transportasi juga sangat jarang. Karena memang daerah ini masih dikelilingi hutan.Tapi di daerah terpencil itu, ada sebuah rumah sakit swasta, yang untuk standart di daerah terpecil seperti itu, sudah sangat bagus. But ada history panjang dibalik berdirinya rumah sakit itu, ada sebuah komitmen, keteguhan hati , kerelaan untuk berbagi dan sebuah panggilan hidup.



4 thoughts on “Selayang Pandang tentang Pontianak–Singkawang-Serukam

    • hiyahhh…pasar cina itu dimananya seh?
      wah, kebanting….paling gosong klo tar aku maen kesana :d
      udah pernah kesana yah?
      busettt…udah pernah maen kemana aja?

  1. haii, aku boleh minta info transpotasi dari pontianak ke singkawang ga?? soalnya ini pertama kalinya sy ke kota pontianak n mau ke singkawang mengunjungi teman disana…thx yaa..

  2. kemaren seh kita di jemput…alat agnkutan umumnya seh ga tahu pasti, tapi biasanya pada naek travel
    klo dari bandara bisa naek travel sampe singkawang 130rb/org *ini tahun 2010…ga tahu udah naek apa belom*
    ini nomornya 0562640029 *semoga masih aktif :)*
    have a nice trip🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s