Tuhan tidak akan menuntut lebih dari yang Dia telah percayakan

Selama 3 hari nginap di mess nya RS Bethesda, ada juga ruangan kantin, buat makan bagi para tamu. Biasanya kita makan disana kalau ga pas kita keluar. Nah pagi ini, entah kenapa bangun cepet, trus tumbenan rajin, jadi langsung mandi. Sambil nunggu yang laen mandi dan siap-siap, aku pergi duluan, motoin di sekitar mess dan ke kantin duluan.



Di kantin sepi, Cuma ada 1 orang. So, dengan sksd nya aku sarapan sambil ngobrol-ngobrol sama kakak itu. Sepertinya aku pernah melihat kakak ini sebelumnya, dan ternyata setelah kita cerita-cerita, kakak ini namanya dr. Selly, dia kuliah kedokteran di Unpad,kita sama-sama pernah terlibat di perkantas Jawa Barat, kak Selly lebih ke bagian medis, dan aku lebih ke training music.

Kak Selly ke RS. Bethesda karena dia sedang belajar kebidanan disini, untuk persiapan penempatannya. Dia akan ditempatkan di Papua, di kaki gunung Jaya Wijaya.Daerah itu hanya bisa dijangkau dengan pesawat terbang kecil, jaringan inet ga ada, untuk telpon dan sms saja sangat sulit. Disana sudah ada seorang dokter, so bakal ada 2 dokter nantinya disana. Kak Selly sudah 3 minggu di RS. Bethesda, dan hari ini hari terakhir dia disini.


*Sebenarnya masih kepikiran juga sich, apa yang membuat seseorang mau untuk pergi ke pedalaman sana?yang tidak ada fasilitas, tidak ada iming2 kemewahan. Mengabdikan diri untuk orang lain yang bahkan kita ga mengenalnya. Yah..mungkin ini lah yang namanya panggilan hidup*


Hari ini jadwal kami ngasih training ke staff rumah sakit.Siangnya kami diundang sama dr Herman *direktur RSUB Bethesda* buat lunch di rumah beliau bareng dokter-dokter muda yang lagi pada PTT, dan juga divisi IT mereka. Acaranya itu dibuat untuk welcoming kami dan farewell nya dr.Selly  . Dari sini aku merasa, betapa setiap orang yang datang kesini itu udah dianggap bagian dari keluarga besar, dan berarti penting.



Hal yang masih berkesan di ingatanku adalah kata-katanya dr.Selly

“Sebenarnya saya sangat betah disini, disini saya tidak hanya dapat belajar kebidanan lebih dari itu saya belajar dari kalian semua, belajar dari sikap hidup kalian, dari cara kalian melayani pasien-pasien. Setidaknya itu cukup untuk menjadi bekal saya melayani di tempat yang baru nantinya. Disini saya sudah belajar sesuai yang saya mampu. Saya yakin, Tuhan tidak akan menuntut lebih dari yang telah DIA percayakan pada saya. Saya akan mengerjakan sebisa mungkin hal yang mampu saya kerjakan disana. Dan jika Tuhan menginginkan hal yang lebih, saya yakin DIA juga akan memperlengkapi saya lagi”


*salah satu dari mbak-mbak ini, adalah dr. Selly, sebenarnya mo kasih potonya yang sendirian, tapi belom ijin sama orangnya…tar malah melanggar HAM :D*

“…Tuhan tidak akan menuntut lebih dari yang telah DIA percayakan pada saya…”


kata yang singkat, tapi membekas.

Setiap kita Tuhan karuniakan talenta, mungkin berbeda-beda setiap orang, baik jenis maupun jumlahnya, but aku yakin setiap orang punya minimal 1 talenta. Seperti perumpaan talenta yang diberikan seorang tuan kepada hamba2nya sebelum dia pergi, dan ketika dia kembali dia meminta pertanggungjawaban kepada hamba-hambanya mengenai talenta yang dia berikan sebelum pergi *tumbenan inget firman ^^* Apa yang Tuhan percayakan pada kita, itulah yang akan DIA tuntut pertanggung jawabannya

Apa yang Tuhan percayakan padaku? Sudahkah aku menggunakannya dengan baik dan sudah membaginya dengan sesama? Atau kita terlalu egois hingga kita memendam talenta itu dalam diri kita dan tidak pernah membaginya ?

Setiap orang punya jawabannya masing-masing…dan setiap orang harus mempertanggung jawabkannya masing-masing kepada DIA yang mempercayakannya.

Leave a Reply

