Journey To Ujung Kulon

Berawal dari nebeng acaranya mbak olip sama geje yang mau ke Ujung Kulon…

Akhirnya jadi juga kesananya….

Mulai merambah ujung kulon pulau jawa…

Pas mau berangkat itu banyak2 gosip da isu2 betebaran, dari mulai ada yang pernah ketemu gendruo sama ttg endemik malaria…

Ngeri juga seh denger2 kabarnya, tapi itu jadi buat perjalanan makin menantang aja🙂

Tapi tetep prepared dunk…klo buat menangkal gendruo…banyak2 doa aja deh…*mau apalagi coba?*

Klo yg buat menangkal endemik malaria itu, kita nyari resochin buat diminum *itu loh kayak pil kina, tapi karena kabarnya pil kina ga mempan , makanya kita beli ni obat*

Aturan minumnya tuh, 1 biji pas hari H, trus tiap minggu sekali *harinya sama ya sama pas pertama kali kita minum neh obat* selama 4 minggu.

Pait banget obatnya…masih berasa paitnya padahal udah minum air banyak...*kata temen yg udah minum seh, bakal mengakibatkan efek pusing*

Awal diminum seh biasa aja , ga ada efeknya…eh ga berapa lama kok jadi kliyengan yah?*tapi ga lama kok, bentar doang ehehhe…*

Rencana awalnya kita mau pergi sama temen2 sekantor aja, tapi ternyata malah kita perginya bareng sama temennya temen juga hehehhe…

Plannya mau pergi 18 orang, udah di pas2in tuh biar kapalnya muat, soalnya kapalnya tuh kapasitas 20 orang termasuk guide and tukang masaknya *ngeri juga kan klo ampe over, jadi dibatasi deh yg masih pada mau ikut*

Tapi pas udah menjelang hari H, ada 3 orang yg menundurkan diri*ada yg tiba2 dapet kerjaan mendadak, ada juga yang tiba2 sakit😦 *

Tapi…tetep jalan dunk, walopun budget nambah karena ada yg mengungudurkan diri.

So kita berangkat dengan 15 orang:

– Samsungers: Ester, Eriek , mbak Olip, mas Alief, Pinky, mbak Dina, Wawan, mas Sayudi, Anggri

-Jakartaers *macem2 neh tempat kerjanya*: mas Antho, mbak Destin, mbak Heni, mbak Santi,mas Aldo, Nisa

Kamis, 13 Mei 2010

Dari Cikarang sore,soalnya hari ini kan hari Kenaikan Isa Almasih,jadi yang Kristiani sempat ke gereja dulu.

Rombongan yang dari Cikarang (Ester, Eriek , mbak Olip, mas Alief, Pinky, mbak Dina, Wawan, Anggri) janjian ketemuan sama di depan Paparonz Cikarang jam 18.15, tapi karena hujan dan laen2 agak molor lah, jam 18.30 baru ngumpul.

Kita trus ke terminal Cikarang nyampe sana jam 19.00,kita naek bus yg jurusan Kampung Rambutan *soalnya kita harus ketemuan sama temen kita (Mas Sayudi sama Nisa) yang udah nungguin disana*

Kita naek bus P9 jurusan Cikarang-kp. Rambutan, ternyata ngetemnya lama bangettttt…..

jadi baru berangkat dari terminal tuh jam 19.30 deh.

Trus traffic lumayan padat juga,maklumlah weekend ditambah ni bus hobby banget ngetem dmn2…jadinya lama bener deh nyampe di terminal rambutan

jam 20.30 *tapi cukup terhibur dan ngakak juga lihat pengamen2 itu nyanyi…ada seh cerita lucu ttg 2 pengamen kecil..yg buat kita ngakak2 di bus :p*

Nyampe di terminal Kp. rambutan kita ketemu sama Mas Sayudi sama Nisa, trus sekitar jam 21.00 kita berangkat ke Serang naek Patas.

Ehm..cepet juga wlpn awalnya pake ngetem2 juga, kita nyampe di terminal Pakupatan jam 23.00

Disana udah ada mas Antho, mas Aldo, mbak Destin, mereka udah dari jam 22.00 nungguin disana(Indomaret depan terminal pakupatan) hehehehhe……

Karena emg kita belom pernah ketemu sama mereka, dan cuma kontak2 by email and facebook, kita ragu2 juga…bener ga seh ni orangnya?

Mas Antho itu mantan pegawai di kantorku, ada 1 orang yg kenal sama dia…tapi ragu2 juga , cos udah lama banget ga ketemu.

Dengan modal SKSD..kita samperin , dan beneran deh mereka itu rombongannya heheheh…

*Udah deh kira kenal2an disana ehehhhe…..cukup aneh seh, mau pergi bareng tapi belom saling kenal heheeh…..travelling itu bisa nambah kenalan :)*

Kita masih harus nunggu 2 orang temen lagi (Mbak Heni n Mbak Shanti)

Sambil nungguin mereka kita nongkrong2 depan Indomaret, makan, deelel..

Wew…ternyata disana banyak juga yg nawarin elf, tapi kita udah pesen seh.

Sekitar jam 24.00 yang ditunggu2 dateng, lengkap sudah 15 orang..saatnya berangkat…..

Nelpon yang kita sewain elf ,ternyata kita yang disuruh masuk ke terminal…

Pertama lihat elfnya…*kok kecil yah???muat ga yah buat ber 15?padahal sebelomnya mau ber 19 hohohooh…untung ada yang mengundurkan diri heheheh……*

Akhirnya kita semua biasa masuk ni elf, dengan kondisi yang sumpek, sempit, harus mengkondisikan 15 orang dgn berbagai macam size badan.

Yah di enak2in lah…hehehhehe….

Perjalanan ke taman jaya dimulai….

Sopirnya keknya udah terlatih banget bawa elf…beuh…ngebut abisss…di dukung jalanan yg sepi juga seh….ni sopir langsung ngebalap….

Karena udah capekkkk…tidur aja deh🙂

Jumat, 14 Mei 2010

Ga tahu udah tidur berapa jam….

Tiba2 kebangun, karena jalanannya makin ga jelas…

Berasa rafting di darat aja neh….

Bener2 parah deh keknya jalannya….cos masih gelap…ga kliatan jalannya, tapi goncangannya super paraaaaahhhh abiss…..pantat jadi sakit.

kepala kejedot2, mana jalannya sempit lagi…jadi klo papasan 2 mobil, harus pelan2 dan ada yg harus ngalah dulu…..

Udah mulai susah tidur…..*masih pengen tidur seh, tapi jalanan ga bersahabat😦 *

Jam 5.20 kita nyampe di Taman jaya…

Karena di tempatnya Pak Komar penuh kita dialihkan ke tempat sodaranya klo ga salah….

Akhirnya….nyampe juga, setelah semaleman sempit2an, jalannya jelek buangettt….pantat sakit deh….leher juga, soalnya terlalu pendek bangkunya , jadi ga bisa nyandar.

Ada yg ngelanjutin tidur…ada yg ngobrol2, ada juga yg belanja2 buat keperluan bahan makanan kita nanti selama 2 hari….*belanja seh tugas kepala rombongan hehehehe….*

Trus jam 6an itu kita dikasih sarapan*bayar 5000an loh…*, trus siap2….

Jam 07.00, kita udahmau berangkat dipandu sama Kang Alex *itu guidenya kita*

Tapi kok malah gerimis yah?*gpp deh , gerimis juga tetep jalan deh🙂 *

Tujuan Pertama kita ke Handeleum:

Nyampe disana sekitar jam 9, masih dalam kondisi hujan

Kita Registrasi disana, bayar2…trus pesen Kano,karena kita ber 15 kita pesen 3 Kano. perorangnya bayar 50.000

Buat canoing kita naek kapal dulu menuju Cigenter…deket kok , palingan cuma setengah jam dari Handelem naek kapalnya…

Jadilah kita canoing….

Ada sedikit kejadian geje…kano yg kunaikian itu nyungsep ke dedaunan2 di pinggir sungai yg kita lewati…tapi sering banget tuh nyungsep2 gitu, ampe guidenya udah spechless keknya hehehhe……

*kita nyangkut, bukannya ditolongin malah di potoin >,<*

Jadinya kita harus berusaha keras buat ngedayung tuh kano biar tetep ditengah2 alur...*hosh..hosh…capek juga ngedayung kano huhf…*

Kanonya tuh kecil mungil bener, jaraknya sama air itu pendek banget…istilahnya disenggol buaya dikit bakal terbalik tuh perahu hehhheeh…

Katanya klo lagi kanoan bisa ketemu banteng, buaya, uler…

Tapi kita ga nemu iitu semua, cuma ketemu si biawak kecil diatas pohon…itu doang…*kemana yah tuh hewan2? udah punah kah?*

Habis kanoan, kita rencananya ke Citerjun, pada mau snorklingan…

Nyampe Citerjun tuh sekitar jam 11an, tapi masih ujan…so diputuskan buat ga snorklingan hari ini, so kita langsung ke Peucang ajah….

*Pulau Peuchang, ada dermaga, pantai, dan hewan2 juga*

Nyampe di Peucang masih tetep ujan, deres malah..udah keujanan…laperrr banget lagi >,<

Hujannya bener2 ga bersahabat, kadang terang bentar…glian kita mau jalan2 di pantainya eh ujan lagi….*ujannya sirik neh ngeliat kita jalan2…*

Jadinya kita terkurung di Peucang…palingan cuma poto2 sama hewan2 yang ada disana…

Di Peucang nii hewankayak babi hutan, monyet, rusa itu berkeliaran….

Yaudah jadinya kita poto2in neh hewan2 sambil nungguin makan siang🙂

Udah laper bangettttt….

akhirnya makan siangnya jadi juga…tukang masaknya kita masakin menu: nasi, telur, sama mie kuah….

Whateverlah menunya…yang namanya laper, apa aja jadi enak :p

Kita kan makan di luar tuh, jadi pas kita makan, si monyet2 nya tuh mendekat…..

Aku seh ga peduli…lagi sibuk makan, lapeer berat….

Eh..pas lagi asiikkk2 makan, ni monyet dateng tiba2, dan ngerebut piringku….makananya tumpah demua deh…*padahal kan lappperrrrr bangett….mana baru makan setengahnya lagi…hiks…hiks…monyet nya ga tahu diri banget seh, ga bisa ngeliat orang kenyang apa? >,< *

Habis makan siang , ujannya udah lumayan reda…Jam 5an itu , kita udah siap2 ke Cibom *mau nenda* ato ke Tanjung Layar *nginep di mercusuar*

*suasana di kapal ,udah pada kecapekan dan kedinginan seharian keujanan*

Si bapak guidenya udah nyewa kano,buat ci cibomnya soalnya di Cibom itu ga ada dermaganya…tapi entah kenapa, baru bisa dipake jam 6an.

Yah daripada kemaleman, so kita putuskan buat sewa speedboat aja buat nyebranginnya…*lebih mahal seh, tapi lebih cepet juga soalnya kapasitas nya lebih besar daripada si kano yg mungil dan mengerikan itu heheheh..*

*Di Cibom*

Setelah nyampe di Cibom, kita memutuskanbuat nginep di Tanjung Layar aja…dengan berbagai pertimbangan,

Mulailah kita treking di hutan, sepanjang 1 km…

Mana abis ujan..becek banget….jalannya sempit, trus gelap…*yg bawa senter cuma beberapa orang aja*

Bener2 harus hati2…..licin banget…*yg pake sendal ampe pada dilepas…ada juga yang sendalnya ampe putus*

Tapi keren deh…berasa berpetualang bangetttt…..

Berapa lama yah kita jalan di hutan itu?sepertinya sekitar sejaman deh…

Nyampe di Tanjung Layar…kita di kasih ijin buat nempatin rumah yang harusnya di tempatin sama penjaga mercusuar…

Kebetulan yang ada di sana waktu itu cuma Pak Yitno.

Disana disediakan 5 rumah buat yang jaga mercusuar, tapi yg dipake cuma 3…

trus kebetulan juga temen Pak Yitno ini lagi sakit, jadi ga ada disana.

So,cuma tinggal Pak Yitno doang yg tinggal disitu.

*Bayangkan aja, tinggal di tengah2 hutan itu sendirian, buat ngejaga mercusuar…OMG keknya klo aku pasti udah mati gaya, takut deelel deh, intinya ogah hehhehe…tapi Pak Yitno ini keren abis deh….demi tugas mau2 aja tinggal disana sendirian , 2 jempol deh buat Pak Yitno*

Disana kita mandi..bersih2, cerita2 sama pak Yitno deelel *airnya pake air tadah hujan loh…*, trus tukang masaknya masak buat makan malem.

Menu makan malem kita hari ini: nasi, teli, dan mie goreng….

*yah…sama lagi kek tadi siang….gpp deh, lapeerrr…mau makan kenyang kali ini, masih kesel aja sama monyet bandel tadi siang*

Abis makan malam, ada yang ngobrol2 sama Pak Yitno, ada yang maen kartu, ada yang langsung tidur……

Huhf…akhirnya kita semua tiduuurrrr…….

Capek seharian berkelana…siapkan tenaga buat petualangan besok🙂

Sabtu 15 Mei 2010

Pagi2 aku udah bangun, sekitar jam 05.00…

Keluar dari rumah yg kita tempatin….kok udah ada suara2 dari mercusuar….

Naek keatas, ternyata udah ada mas aldo, mas antho sama pak Yitno..

Mereka pada ngejar sun rise…

bagus juga pemandangan di pagi hari….

Tergoda juga buat manjat mercusuar...*sebenarnya takut ketinggian seh…tapi pengen nyoba..*

akhirnya aku nyusulin mas antho ke mercusuar..mercusuarnya itu udah bangunan lama, jadi udah berkarat, trus baut2nya juga udah agak kendor termakan usia, makanya ga boleh banyak2 yg naek…

akhirnya aku naek…walopun sambil deg2an…soalnya takut ketinggian, mana ditambah tangganya agak goyang2 karena udah tua…tetep aja naek…

Tapi, cuma ampe lantai 1 nya aja….ga berani kelantai 2, takut ga berani turun

Tapi dari sini aja , udah indah banget…liat lautan dipagi hari, karang2, ga terhalang sama apapun….keren banget deh*How great our God*

Puas berpoto2 dari mercusuar, kita alih tempat, mau ke tanjung layar…

Akhirnya jalan,menyusur hutan bentar, palingan 5 menit…kita ke salah satu ceruk buat moto2 sun rise….

*ceruk di tangjung layar*

Puas poto2 disana kita lanjut ke Tanjung layarnya….

Wah keren, harusnya semalem kita camping disini….

Ada tempat lapang yg lumayan luas, trus rumputnya itu empuk, enak diinjak….tapi kok banyak kotoran banteng yah???*wah2..harus waspada sama banteng neh klo mau camping disini..*

Tempatnya asiikkk….ada bebatuan tinggi ngelilingin tempat camping itu, jadi berasa dibentengin sama neh bebantuan…..

Ombaknya juga kerenn…….so sweet deh disini…..

Puas kita poto2, kita balik ke rumahnya pak Yitno, kita sarapan dengan menu: nasi, telur dan mie lagi hehehehhe……*Udah bosan sama menu:nasi, mie, dan telur >,<*

*Sebelum pergi , poto2 sama yg punya rumah dulu :D*

Kita siap2 buat melanjutkan perjalanan….

Kita harus ke Cibom, tempat kemaren kita turun dari boat, soalnya perahunya nunggu disana…jadi kita treking dihutan lagi…

Tapi lebih enak seh…karena siang, jadi ga gelap2an….

Jalanan lebih terlihat, tapi beceknya tetep…karena aku pake sendal, dan pas nginjak yg licin2..jadinya jatuh…baju lengan dengkul berlumpur semua…*padahal padi tadi udah dibela2in mandi lho…*

Nyampe di cibom…kita naek perahu…menuju pulau Peuchang…

Nah setelah nyampe Peuchang, dibagi 2 rombongan..ada rombongan yg mau snorkling,ada rombongan yg ga pengen snorkling alias pengen jalan2 aja di Pantai Peuchangnya.

Dan aku salah satu yg ga pengen snorkling , kita jalan2 di Pantainya….

banyak uburnya loh…tapi keknya udah mati…terdampar di pinggiran pantai…

Pantainya bagus…warnaya biru….pasirnya juga lumayan lembut….

Kita jalan2 dipantai..poto2 sambil nungguin yg pada snorklingan…

Abis yg snorklingan pada dateng, rencana pada mau ke karang Copong..*Jadi karang gitu, tapi bolong di tengah…*

Tapi kok pada males yah?

Jadinya ga jadi pergi….kita malah ngobrol2, maenan UNO, hunting poto2.

Sambil ada yg ngurus2 bayar2….soalnya tadi ada sedikit trouble, katanya harus bayar uang masuk pulau ini, pulau itu….*apaan seh, ga jelas banget…kan kita udah bayar masuk reservasi di Handeleum?*

So, si jagoan nego mbak Santi maju deh….beres akhirnya ga usah bayar ini itu…cuma bayar boat yg kemaren kita pake buat nyebrang ke cibom doang heheheh...*keknya perlu bawa yg jagi nego and ngoto deh klo kesana biar ga diboong2in gitu :p , untung ada mbak santi…selamat deh uang 500ribu hohohoho*

Jam 3an itu kita masuk kapal lagi…Kita mau pulang ke Taman Jaya,sekalian makan di kapal dengan menu : nasi, kornet, mie *ada sedikit perubahan, telur ganti kornet…tapi tetep aja bosen *

Ternyata jauh juga…ada yg tidur, ada yg maen jempol *udah bosen maen uno, lagian angiinya kenceng, sayang kartunya…tar ilang lagi*

*kenapa aku selalu ditengah? >,<*

Akhirnya jam 6an itu kita nyampe Taman Jaya…..

Perjalanan kita pulang emang langit gelap….sepertinyamau ujan…

Nyampe sana ada yg mandi, beres2, istirahat, ada yg kelaperan, eh ada yg keseleo juga…perlu diurut….

Aduh…lapeerrr…pengen makan, tapi menu laen…ga pake nasi, mie , telur.

Pengen ayam bakar kek,…ato ikan, ato soto …apa ajalah yg penting bukan menu itu…

Tapi apadaya…sore2 gitu yg jualan cuma bakso…

wahtever lah…hajar ajah….kita pesen bakso juga…..ada yang ampe nambah gitu…haahhahahha…*pada kelaperan juga ternyata*

Abis kenyang makan kita balik ke rumah pak Komar…mandi, ngitung2 pembayaran,packing2…deelel…..

Jam 9 malem, kita berangkat naek elf dari Taman Jaya menuju serang…

Hem…siap2 sama jalanan yg jueleeeekkkkkkk…..

*ampe ada yg minum antimo, biar cepet tidur dan tidak merasakan jalanan yg jelek…hehehhe*Kita sempet berenti istirahat…*tapi entahlah itu dmn, nyawa belom terkumpul…*

Akhirnya jam 2an itu udah nyampe serang….

Kita turun di terminal Serangnya…

Sepi, ga ada bus, katanya seh pagi2 baru ada bus ke Kp.Rambutan…

Akhirnya…kita memutuskan buat ke depan pintu tol…

Sewa angkot 25.ooo buat 14 orang, 1 orang naek ojeg hhehhehe...*ga muat buat 15 orang :p*

KIta nunggu bus disana…..setelah setengah jam nunggu ternyata ada bus..langsung ke Cikarnag lagi.

So,kita yg rombongan Cikarang’ers langsung naek aja….*yang rombongan Jakarta masih nunggu bus…ga tahu ampe jam berapa?*

ternyata cepet juga….2 jam perjalanan udah nyampe terminal Cikarang…

Trus kita naek angkot ke Jababeka, trus naek ojek ke kosan…

huhf…jam 5 udah nyampe kosan….

Seneng bangetttt lia kasur…enak banget tidur di kasur…setelah semaleman diombang ambingkan di elf…pantat sama leher pegel2 semua

Seneng deh, akhirnya bisa menjelajah bagian kulon pulau jawa😀

Try this journey

Ini dia pengeluaran kita di Ujung Kulon *nyontek dari blog sebelah, aku kan ga ikutan ngurusin pembayaran*

Ini baut biaya yg rame2…

1. sewa elf PP : 1.300.000

2. Sewa kapal 2 hari(kapasitas 20 org):2000.000

3. guide 2 hari:200.000(100.000/hari)

4. tukang masak 2 hari:150.000(75.000/hari)

5.bahan makanan + rokok : 282.000 *disesuaikan dengan selera saja hehehe…..*

6.tiket+asuransi: 87.500(buat 15 oran, tiket @ 2500, asuransi @ 3000)

7. Ijin mendarat kapal ke semua tujuan : 100.000 (bayarnya di Handeleum)

8. sewa boat di Cibom: 200.000 (katanya aslinya 250.000, negooooo…..)

9. sewa tenda (4 buah): 100.000 (@50.000, tapi cuma bayar segitu, karena kita ga make, ga jadi nenda)

10. sarapan di taman jaya:75.000(buat 15 org, @ 5000)

11. Tips buat pak Yitno: 100.000 (ucapan terimakasih, udah boleh nginap disana..sukarela aja)

Total biayanya 4.850.000, trus dapet subsidi dari 2 org yg batal ikut 200.000, sisanya tinggal 4.650.000/15: 310.000

Biaya perorang, tegantung selera:

1. Sewa snorkle:@40.000/hari (aku seh ga ikut snorkling, jadi biaya ini ga ikut )

2. Sewa Kano di Cigenter: 50000/org

3. Biaya ngeteng dari Cikarang: 73.000 (ngojek+ ngangkot ke terminal cikarang PP 18.000, bus Terminal Cikarang-Kp.Rambutan 5000, Bus Kp.Rambutang-Serang 17.000, angkot PP terminal Pakupatang 5000, Serang-cikarang 30.000)

Biaya pengeluaran pribadiku: 123.000

Total biaya 310.000 + 123.000=433.000

Klo mau kesana, bisa hub 2 orang ini,

buar sewa2 kek tenda, biat, kapal, guide, tukang masak, alat snorkle deelel dan penginapan bisa hub Pak Komar

Klo masu sewa elf bisa hub Kang Hendrik

pak Komar: 081806181209

kang Hendrik: 087871006879

Setelah udah beberapa minggu kepengen ngeblog , tapi banyakhalangannya akhirinya tulisan ini bisa release juga🙂

Nantikan perjalanan kami selanjutnya🙂

4 thoughts on “Journey To Ujung Kulon

  1. gayhahahhaha…potomu banyak nangkring do blog ku mbak hehehhehe….
    wkwkwkwk….itu kano geje banget…
    masa nabrak2 terus…
    apa seh mau nya hehehhe…
    guidenya ampe spechless gitu

    • hai…hai…salam kenal juga🙂
      udah di survey ke tkp….
      wah2…hapal banget sama jakarta…semua jurusan bus ada ckckkckkckck……
      nice to know you🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s